Bagaimana Cara Meningkatkan Produktivitas: Memulailah dengan Alat yang Baik!

Memulai dengan alat yang baik

 

Apa yang tadi pagi Anda lakukan ketika pertama kali membuka mata Anda? Banyak dari kita yang sering memulai hari-hari kita yang telah dianugerahkan oleh Yang Maha Esa dengan mood yang mellow atau galau. Dan hal itu kalau boleh saya katakan adalah hal yang wajar dialami oleh tiap-tiap individu, benar bukan? Perasaan mellow atau galau biasanya muncul karena kita memiliki banyak permasalahan dalam hidup kita. Permasalahan yang sering kita hadapi biasanya merupakan masalah-masalah yang berputar di sekitar masalah ketidak percayaan diri kita akan penampilan kita, masalah relasi kita dengan orang lain, terutama masalah kita dengan kolega, sahabat, dan keluarga. Masalah romansa yang tidak berjalan dengan mulus pun terkadang sangat menjatuhkan mood kita di pagi hari.

Padahal diri Anda, ingin kehidupan Anda menjadi lebih baik lagi bukan? Bagaimana kita dapat memperbaiki ataupun mengimprovisasi kehidupan kita sekarang? Caranya cukup simple, kita harus memperbaiki alat atau tool yang kita gunakan untuk menjalankan hari tersebut, yaitu tubuh kita. Tubuh yang dimaksudkan di sini bukanlah tubuh secara fisik saja, melainkan tubuh secara spiritual, mental, maupun secara fisik. Saya telah urutkan dari hal yang relatif mudah, hingga hal yang relatif susah.

1. Mengasah tubuh Spiritual kita.

Cobalah memulai hari-hari Anda dengan memanjatkan doa, membaca kitab suci, maupun mensyukuri bahwa Yang Maha Esa telah memberikan kita kesempatan yang baru dalam lembaran hari yang baru. Mensyukuri atas benda-benda yang Anda miliki, maupun kondisi kesehatan Anda yang baik.
 Rutinitas yang saya sarankan adalah; pertama-tama saat Anda membuka mata, pejamkan lagi mata Anda, lalu mulailah berdoa. Berdoalah akan kesehatan keluarga Anda, lalu doa kan segala bidang pergumulan Anda dan kondisi kolega-kolega Anda. Setelah Anda selesai memanjatkan doa, Anda lalu beranjak dari tempat tidur, lalu mebuka Kitab Suci, baik berupa elektronik, ataupun fisik. Bacalah dan renungkan isinya selama 5 menit. Saya sebagai seorang Kristen menyarankan Anda untuk membaca kitab-kitab Perjanjian Baru, terutama perikop-perikop perumpamaan. Karena setelah Anda membaca sebuah perumpamaan, maka akan ada rasa kelegaan tersendiri setelah Anda merenungkan arti dari perumpamaan yang tertulis.

2. Mengasah tubuh Mental kita.

Mengasah tubuh mental kita dapat kita lakukan dengan beberapa hal, Anda dapat mengasahnya dengan membaca motivasi harian, menonton video motivasi di Youtube, membaca buku self-improvement, maupun membaca buku-buku mata pelajaran kuliah Anda ataupun buku yang bersangkutan dengan pekerjaan Anda sehari-hari. Biasakan untuk mengasah tubuh mental kita setiap hari, karena dengan kebiasaan baik, kita akan membawanya ke dalam berbagai macam segi-segi kehidupan kita yang lain. Untuk membangun kebiasaan-kebiasaan yang baik, Anda dapat mencoba untuk membaca buku The Power of Good Habits oleh Charles Duhigg. Buku tersebut menjelaskan dengan rinci bagaimana cara kerja kebiasaan, baik kebiasaan buruk maupun kebiasaan baik yang Anda dan saya telah buat di kehidupan kita sehari-hari.

 

3. Mengasah tubuh Fisik kita.

 Setelah kita mengasah tubuh spritual dan mental kita, tentu kita tidak boleh lupa bahwa kita hidup di dunia riil. Untuk melakukan aktivitas sehari-hari, Anda pastinya membutuhkan kebugaran tubuh yang mantap. Anda tidak perlu latihan fisik yang sangat melelahkan, Anda hanya perlu melakukan latihan kecil-kecilan saja, seperti jogging di tempat, push-up, maupun stretching dan aerobik juga dapat membantu tubuh fisik Anda untuk menjalani aktivitas sehari kedepan.


Jadi hanya seperti itu, setelah Anda telah melakukan rutinitas ini, hari-hari Anda akan terasa lebih ringan dan Anda pun merasa lebih produktif dalam 23jam kedepan. Ingat, untuk berkarya dengan baik, kita membutuhkan alat  yang baik pula, di sini tubuh kita adalah alat, dan pekerjaan dan masalah kehidupan kita adalah sebuah barang yang harus kita bentuk dengan baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat karakter pribadi yang baik

Bagaimana cara bertingkah laku dan berbicara

3 Cara Simpel Menurunkan Berat Badan