3 Cara Sederhana untuk Mencegah Kesalahpahaman dalam Berkomunikasi

Berkomunikasi adalah hal yang Anda lakukan setiap harinya. Bahkan untuk membangun hubungan yang baik dan sehat Anda memerlukan kemampuan komunikasi yang baik. Anda terkadang menyesal dan berharap dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti salah paham, yang akan berdampak kepertengkaran yang seharusnya dapat dihindari. Nah di sinilah yang namanya kemampuan untuk berkomunikasi dapat ditingkatkan. Ada beberapa aturan sederhana yang dapat Anda coba dan terapkan dalam kehidupan Anda sehari-hari.


Pertama, Jelaskan seperti anak kecil!

Ya! Menjelaskan dan berkata kepada orang lain seperti berkata kepada anak kecil bukanlah hal yang Anda sukai. Namun dengan hanya berkomunikasi dengan cara ini, Anda dapat memastikan setiap orang yang Anda ajak berbicara mengerti maksud Anda di setiap waktu! Waktu Anda sedang berbicara dengan bos Anda, Anda dapat memastikan bahwa bos Anda akan mengerti maksud Anda. Saat Anda sedang berbicara dengan anak Anda, anak Anda juga pasti akan menangkap maksud Anda. Hah! Bahkan berbicara dengan pujaan hati atau pasangan Anda akan terasa lebih gampang karena pujaan hati atau pasangan Anda tidak akan salah menafsirkan maksud dari kata-kata Anda.

Kedua, Cobalah mendengarkan!


Pernahkah Anda berbicara dengan seseorang, tetapi pihak lawan bicara Anda sedang sibuk melakukan hal-hal lain atau tidak memberikan perhatian secara sepenuhnya. Hal tersebut sangatlah menyakitkan dan Anda akan menganggap teman Anda tidak menghargai keberadaan Anda. Sekarang cobalah balik kasus ini, Anda menjadi pihak lawan bicara yang tidak memberi perhatian kepada teman Anda, pastinya teman Anda akan merasa jengkel kepada Anda karena Anda bukanlah teman yang baik, dan mungkin akan mulai membenci Anda. Jadi cobalah untuk mendengarkan ya! Hehe.

Ketiga, Sebisa-bisanya berkomunikasi secara langsung!


Pada era yang modern saat ini, ada satu teknologi yang sangat bermanfaat sekaligus sangat menghancurkan komunikasi Anda yaitu Menuliskan pesan atau SMS. Menuliskan pesan bukanlah hal yang salah, tetapi pesan yang disampaikan oleh banyak orang cenderung membawa maksud yang berbeda dengan apa yang diharapkan. Pesan hanya dapat mengirimkan huruf-huruf bermakna yang tidak memiliki emosi dan perasaan, sehingga emosi dan gaya tubuh yang Anda ingin sampaikan tidak dapat tersampaikan. Maka dari itu, cobalah untuk berkomunikasi secara langsung( tatap muka) atau dengan menggunakan panggilan suara.

Selain itu, mengapa Anda tidak mencoba untuk berbicara dengan teman-teman Anda sekarang juga? Haha selamat berbincang-bincang!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat karakter pribadi yang baik

Bagaimana cara bertingkah laku dan berbicara

3 Cara Simpel Menurunkan Berat Badan